Senin, 13 November 2017

Angklung Keren yang Mendunia





Assalamu'alaikum wr.wb.
Hallo sobat blogger dimanapun kalian berada..
Gimana kabar kalian hari ini? Semoga kabar baik selalu menyertai ya guys..
Nah,pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang "ANGKLUNG"
Simak Yuks..


Bicara soal Angklung,siapa sih yang ngga tau tentang alat musik tradisional yang satu ini?
Kebanyakan orang pasti sudah tau tentang angklung ya,walaupun ada beberapa orang yang tau hanya sedikit sedikit setidaknya mereka tau apa itu angklung.Angklung berasal dari bahasa Sunda (angkleung-angkleungan) yang memiliki sebuah arti pergerakan angklung pemain dan suara "klung" yang berasal dari instrumen. Sedangkan dalam teori lain menyebutkan bahwa "angklung" dibentuk dari dua unsur kata Bali, yaitu angka dan paru-paru. Angklung merupakan alat musik kesenian tradisional dari Jawa Barat bernada ganda yang dimainkan dengan cara digoyangkan. 

Turis mancanegara berlatih Angklung
Tau ngga guys,alat musik Angklung Indonesia telah mendunia lhoo.. Angklung Indonesia telah mendapat pengakuan resmi dari UNESCO sebagai bagian dari World Heritage pada 19 Januari 2011. Sertifikat pun diserahkan oleh mantan Duta Besar RI untuk UNESCO, Tresna Dermawan Kunaefi kepada Menteri Pendidikan Nasional pada masa itu, yaitu Muhammad Nuh. Nah,selain mendunia,negara negara seperti Korea,Jepang,dan Malaysia juga telah mengenalkan angklung pada anak anak usia sekolah di negara mereka masing masing. Mereka menyukai angklung dan mencoba mempelajarinya. Nah berarti kita yang notabene nya adalah orang Indonesia juga harus melestarikan dan menjaga angklung warisan budaya nenek moyang kita,jangan mau kalah sama negara lain dong .
Perubahan zaman yang semakin pesat menuntut kita berinovasi agar alat musik tradisional angklung ini tidak ditelan zaman kemudian dilupakan begitu saja.
Kesenian angklung harus terus bertamorfosis melakukan perubahan dengan tetap mempertahankan ketradisionalnya. Kalau kita biasanya melihat angklung hanya dimainkan oleh pengamen jalanan,kini angklung terus meningkat. Seorang seniman, Udjang Burhan, berinovasi dengan memainkan angklung dalam sebuah band. Udjo Ngalagena, pemilik Saung Angklung Udjo juga berinovasi untuk memperkenalkan angklung lebih luas. 

Kini angklung tidak hanya dapat dimainkan dengan band saja, tetapi juga dimainkan sebagai orkestra bahkan dalam lagu Bohemian Rhapsody. Salah satu inovasi baru yang memecahkan rekor baru-baru ini dengan memainkan 6.500 angklung di Australia adalah Angklung Toel, yang merupakan kumpulan angklung yang disusun dua baris dan digantung secara terbalik. Cara memainkannya sendiri cukup unik, mirip seperti memainkan piano yang hanya dengan menyentuhnya, angklung ini dapat menghasilkan suara.

Mengenal dan mengingat lebih dekat kesenian tradisional bangsa Indonesia dari sebuah alat kesenian tradisional angklung yang terbuat dari bambu membuat kita lebih tau banyak arti dari sebuah pesan ;

"Tradisional bukanlah suatu hal yang selalu tertinggal,dan menjadi barang kuno tidak berharga,namun dia dapat menjadi yg unik dan bernilai tinggi bila saja kita dapat mencintai dan mengembangkan dalam seni kreatifitas"

Angklung Indonesia

Bagi kalian yang mau mendengarkan atau mendowload instrumen musik angklung bisa KLIK DISINI!





0 komentar:

Posting Komentar